yume ga areba michi wa aru

sebesar apapun mimpimu pasti ada jalan keluarnya

Membuat Paspor Online

1 Komentar

Saat ini membuat paspor tidak harus mengantri panjang-panjang. Pelayanan Pasport online sudah tersedia di http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp

Siapkan saja dokumen yang sudah di scan dan disimpan dalam bentuk Jpeg. Usahakan filenya tidak besar klo bisa dibuat hitam putih dan < 300kb. Hal ini bukan persyaratan dari pihak imigrasi, tetapi setelah saya coba upload ternyata gambar dibuat hitam putih dan file dibawah < 300. Walaupun saya pernah mencoba dengan fie jpeg < 300 tetapi karena resolusi tinggi, sistem/program di imigrasi menolak dengan alasan > 350 kb (aneh kan). Berikut dokumen yang dibutuhkan

1. Kartu keluarga/buku nikah

2. KTP, anak yang belum memilki KTP gunakan kartu keluarga

3. Akte Kelahiran

4. Pasport lama bila sudah pernah punya dan expired

5. Surat rekomendasi dari pimpinan buat PNS.

Pilihkan waktu daftar online diluar waktu kerja, selama saya mencoba di jam kerja sulit sekali masuk dan terkadang terputus. Lebih baik mencoba di malam hari. Mereka juga membatasi sebanyak 250 orang untuk tiap hari, bila sudah melampaui maka tidak bisa daftar online.

Setelah mengisi dan upload data-data, tentunya harus memilih lokasi/ kantor imigrasi, pastikan kantor imigrasi dekat dengan lokasi anda. Dan anda dikirim email agar mengirimkan sejumlah uang untuk pembayaran pembuatan pasport, yang dapat dibayar di BNI. Jaga baik-baik tanda pembayaran ke Bank Setelah membayar anda harus konfirmasi pembayaran, memilih tanggal untuk ke kantor imigrasi dan mencetak Tanda Terima Permohonan

Jangan lupa sebelum anda pergi ke kantor imigrasi untuk difoto dan pemeriksaan dokumen, fotocopy semua dokumen diatas sebanyak 1 kali, dan siapkan meterai 6ribu. Jangan lupa bawa bukti pembayaran ke BNI, dan tanda terima permohonan pendaftaran online.

Gunakan pakaian rapih berkerah, jangan berwarna putih karena background foto berwarna putih. Bila telah sampai ke kantor, daftar ulang, anda akan diberikan map kuning dan no antrian. Di dalam map anda diharuskan kembali menulis informasi yang telah anda upload di web (lalu untuk apa daftar online?), mungkin juga untuk menegaskan bahwa yang datang adalah orang yang tepat (bukan joki ??). Bila anda hendak membuat pasport untuk anak-anak, tentunya harus ada surat pernyataan orang tua (minta pada petugas) yang disertai dengan meterai 6rb, kedua orangtua harus tandatangan menyentuh meterai tersebut.

Waktu yang dibutuhkan untuk menunggu antrian cukup lama juga, mengingat banyak yang mengantri. Satu setengah jam cukup pendek juga dengan keadaan kantor yang sudah tertata, nyaman dan televisi sebagai hiburan yang terpasang.

Setelah di foto dan diperiksa dokumen, tandatangan dan lainnya, anda akan diberi tanda terima penyerahan dan tinggal menunggu selama 3 hari kerja sebelum anda dapat mengambil pasport asli.

 

 

One thought on “Membuat Paspor Online

  1. Baru tahu bisa online. Rata-rata lancar tidak ya? Tampo hari untuk perpanjangan (ke kantor imigrasi) saja nunggunya.. belum lagi disalip-salip ‘kelompok khusus’ segala hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s