yume ga areba michi wa aru

sebesar apapun mimpimu pasti ada jalan keluarnya

Instalasi driver USB dan memindahkan data dari GPS handheld

10 Komentar

Sudah sejak lama saya mencari cara untuk memindahkan data GPS dengan cepat tanpa repot-repot menulis ulang dalam kertas. Dulu sekitar tahun duaribu, hal tersebut saya lakukan ketika memori telah penuh dengan waypoint, route maupun track. Saat itu saya menggunakan GPS pabrikan Garmin dengan model 12XL, si bandel yang sangat berjasa dalam menghantarkan saya mengenal dunia navigasi modern. Hanya data waypoint dan routes saja yang bisa disalin kedalam kertas, sedangkan track yang bisa digunakan untuk trackback dalam fasilitas GPS, tidak bisa diselamatkan. Satu-satunya cara untuk menggunakan memori kembali ya di hapus. Sayang sekali kan, data-data track yang telah kita lakukan pada saat latihan navigasi maupun pemetaan jalur ke daerah baru tidak bisa diselamatkan.

Saatnya tiba ketika saya punya kesempatan menggunakan GPSMAP 60C buatan Garmin. Dari informasi yang punya, data – data gadget ini bisa dikelola dengan bantuan komputer, apalagi dilihat dari colokannya sama dengan colokan kabel data kamera digital. Maka dengan bersemangat saya goggling cari informasi mengenai software yang dapat mengelola data GPS. Akhirnya tujuan saya tertuju pada situs pabrikannya dan situs EasyGPS dan ExpertGPS.

Pada dasarnya untuk memindahkan data tidak sulit hanya membutuhkan kabel data, driver kabel data dari pabrikan GPS, perangkat lunak pengelola data GPS, GPS itu sendiri dan tentunya komputer.

Instalasi driver USB GPS handheld Garmin tipe GPSMAP 60C.

1. Klik file instalasi USBDrivers_221.exe, yang didapat dari situs resmi Garmin.
2. Ikuti langkahnya hingga perintah untuk menyalakan GPS dan sambungkan dengan kabel koneksi USB.
3. Setelah komputer dan gps tersambung dengan kabel data ikuti langkah instalasi selanjutnya.

Memindahkan data dari GPS handheld ke dalam file digital.
1. Persiapkan GPS, kabel data dan komputer, selain itu diperlukan juga perangkat lunak yang dapat mengelola, mengedit dan memetakan data pada GPS. Saat ini saya menggunakan SetupEasyGPS dan SetupExpertGPS. Untuk yang disebut pertama dapat diperoleh dengan Cuma-Cuma http://www.easygps.com/, sedangkan untuk yang kedua tersedia program yang menawarkan waktu trial 30 hari http://www.expertgps.com/. Dan yang sangat penting Perangkat ini dapat digunakan untuk banyak pabrikan dan model GPS handheld, jadi untuk berbagai tipe GPS yang dimiliki, tidak perlu menggunakan banyak mapsource dari tiap-tiap tipe GPS.
2. Setelah masuk ke dalam program EasyGPS dan GPS telah konek ke komputer. Tambahkan jenis GPS yang digunakan, dengan klik pada tombol Add. Pilih pabrikan mana dan model GPS yang anda miliki. Klik ok, maka akan muncul tipe sambungan yang digunakan. USB bila anda juga menggunakan kabel data dengan USB.

3. Selain itu tentukan juga, Unit yang biasa anda gunakan. Saya menggunakan meter untuk jarak / distance dan ketinggian / elevation, dan km/hr untuk kecepatan.

4. Setelah selesai maka akan muncul tampilan dengan lembar, Untitled.


5. Untuk memindahkan data dari GPS, klik pada tombol Receive, yang terletak dibagian atas. Maka akan muncul pilihan, data apa saja yang akan di terima melalui GPS, kordinat Geocaches, Waypoint, Routes dan track.

6. Setelah data diterima, data berupa tabel yang didapat dari GPS bisa dilihat pada jendela sebelah kiri bawah, sedangkan hasilnya berupa titik kordinat dan simbol yang digunakan, route dan track yang sudah dipetakan bisa dilihat pada jendela sebelah kanan.


7. File data dapat disimpan dengan mengklik File> Save as > dengan file ekstensi .gpx (GPS Exchange File) yang mana format ekstensi file penyimpan data gps ini terbuka, tidakperlu membayar lisensi untuk menggunakannya. Ekstensi ini juga dapat menyimpan data waypoint, route dan track, sama kemampuannya dengan file datasbase dari pabrikan GPSnya. Apabila menggunakan perangkat lunak ExpertGPS lebih banyak tipe ekstensi file yang dapat digunakan untuk menyimpan data, seperti csv, txt, dan lain-lain.

Dengan adanya perangkat lunak ini akan mempermudah dalam pengelolaan data, pengeditan dan pemetaan sebagai gambaran jarak rute dan track yang telah ditempuh. Apabila memiliki data waypoint yang berjumlah sangat banyak, perangkat lunak ini akan terasa manfaatnya. Hal ini saya lakukan pada saat memindahkan data-data waypoint pendakian gunung argopuro yang berjumlah 144 waypoint. Data itu sendiri didapat dari situs highcamp atas sumbangan rekan-rekan yang berbaik hati untuk berbagi.
Hanya saja pemindahan data membutuhkan waktu yang agak lama. Mengingat data dalam bentuk pdf, mau tidak mau saya harus menyalin data ke dalam notepad, kemudian di ubah di microsoft excel, untuk penyesuaian data yang dapat diterima oleh perangkat lunak ExpertGPS dengan fasilitas Import data.

10 thoughts on “Instalasi driver USB dan memindahkan data dari GPS handheld

  1. ga pake mapsource bawaan garminnya aja? gratis😀

  2. Memang dari mapsourcenya, sangat2 bisa memindahkan data2.

    Hanya saja karena saya menggunakan 3 jenis GPS yang salahsatunya belum tentu ada mapsourcenya karena tipenya sudah lama…nah, dengan pake perangkat lunak yang ini, berbagai pabrikan dan jenis GPS dapat diakomodasi.

    terimakasih atas masukannya.

  3. saya minta bantuan tentang bagaimana menggunakan gps garmin c60, bagaimana cara penggunaan gps, transfer dan edit data dengan mapinfo. tolong dibantu ya,kirim ke email saya.makasih

  4. syalomm..
    saya minta bantuan tentang bagaimana transfer data dari gps dengan menggunakan kabel data ke mapinfo tolong dibantu ya,

  5. syalom,,
    apa kabr?

    Saya minta tolong, gimana cara mentransfer/konverter data dari GPS Garmin OREGON SERIES 200,300,400t,400C,400i,550,550t ke komputer dan editnya..Soale saya beli GPS tersebut tapi tidak dikasih softwarenya hanya CD penggunaannya aza…

    Salam

  6. saya tak bisa akses jenis gps q

  7. terimakasih banyak telah membantu. Informasinya sangat membantu.

  8. saya mau nanya. apakah KABEL koneksi antara GPS dan komputer/laptop semuanya sama saja. diibaratkan seperti Hand Phone asal sama lobangnya pasti connect ke laptop. mohon dibalas ke email saya : okkyleventus@yahoo.co.id

  9. sya punya gps tp tidak tau cara memakainya, mohon bantuan nya, thx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s