yume ga areba michi wa aru

sebesar apapun mimpimu pasti ada jalan keluarnya

Memindahkan bibit anggrek botolan jadi kompot

6 Komentar

Sebelum melakukan pemindahan siapkan terlebih dahulu media tanam, bisa berupa arang, pakis yang dicacah kecil-kecil, Moss atau Akar kadaka. Kemudian media tanam tersebut dididihkan dalam air, fungsinya sendiri sebenarnya hanya untuk membunuh bakteri yang dapat merugikan  pertumbuhan bibit anggrek. Setelah itu didinginkan dan direndam dengan bakterisida dan fungisida sesuai dosis yang tertera pada petunjuk masing-masing bahan tersebut selama satu jam (saya menggunakan akar kadaka sebagai media sehingga tidak terlalu lama, untuk media pakis supaya meresap kedalam dibutuhkan 6 jam hingga lebih ) , selain itu saya menambahkan pupuk agar dapat menggantikan nutrisi yang sebelumnya diperoleh dari media agar.

1. Seperti yang terlihat bibit dipindahkan dari dalam botol dengan menggunakan kawat yang dibentuk huruf U pada bagian ujungnya. Untuk mempermudah pemisahan bibit, sebelumnya botol agak diguncang-guncang perlahan agar bibit-bibit dalam botol sedikit terpisah. Cara lainya dengan menambahkan air hangat ke dalam botol sehingga “media agar” mudah terlepas dari akar bibit anggrek.

2. Setelah bibit berhasil dikeluarkan, bibit dicuci dan dibilas dengan air, sehingga ” media agar” terlepas dan bersih dari akar. Kemudian tiriskan diatas koran.

3. Setelah itu bibit ditanam dalam satu pot komuniti, sehingga satu pot sedang berukuran diameter 15 cm berisi sekitar 10 hingga 15 tanaman, tergantung besarnya tanaman.

Yang perlu diperhatikan: mengenai tempat dimana kompot atau pot kelompok berada, sebaiknya disimpan di tempat teduh sekitar 25% cahaya, tidak terkena matahari langsung karena akan segera membakar bibit anggrek, layu dan mati. Pupuk bibit anggrek ini secara rutin selama 1 minggu. Setelah satu bulan, pindahkan pada pot individu dengan media yang baru.

6 thoughts on “Memindahkan bibit anggrek botolan jadi kompot

  1. Waduh … heibat euy .. bisa ngerawat anggrek bulannya dari bibit botolan sampe berbunga ..🙂 Selamat ya !

  2. wah…ternyata bibit anggrek itu sangat sensitif ya bu, media tanamnya harus disterilisasikan segala…selain dididihkan alternatif lain yang bisa digunaka

  3. saya lagi cari referensi memnindahkan anggrek, kebetulan sudah ada 3 botol bibit nggrek botolan, dari kebun raya bogor. Terima kasih tipsnya bu.

    Ditunggu tulisan2 lainnya.
    Regards

    http://rudyirwansyah.com

  4. Thank’s banget yach tas teorinya. mudah2an dapat aq aplikasikan dengan baik. tapi ga papa ngasih pupuk pada bibit yg bru dipindahkan.

  5. gmn cara beli anggrek yng tersebut diatas mas apa bisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s