yume ga areba michi wa aru

sebesar apapun mimpimu pasti ada jalan keluarnya

Ledakan pabrik Jilin Petrochemical Corporation, Jilin – Cina

Tinggalkan komentar

Ledakan pabrik kimia di Jilin merupakan rangkaian dari ledakan yang terjadi pada 13 November 2005, ledakan terjadi di pabrik petrokimia No. 101 kota Jilin, Propinsi Jilin China berlangsung selama satu jam. Dalam ledakan ini lima orang meninggal, lusinan orang terluka dan menyebabkan evakuasi dari sekitar sepuluh ribu penduduk.


The leak was caused by a massive explosion at a PetroChina benzene factory in the city of Jilin on 13 November

Ice has formed in the Amur River at Khabarovsk

Setelah ledakan di pabrik kimia, stasiun pemantau di Jilin menemukan bahwa benzene masuk ke sungai dan mencemari air. Level Benzene 108 kali diatas ambang batas aman nasional. Zhang Lanying, direktur dari Environment and Resources Institute of Jilin University, mengatakan bahwa benzene yang tidak melarut dalam air adalah zat yang berbahaya. Orang yang meminum air dengan sedikit benzene bisa mendapat mulut bernanah. Dalam jumlah besar dapat menyebabkan kekacauan dari sel darah, dengan kata lain Leukemia.

Ledakan ini menciptakan lapisan racun, Slick / pencemaran sepanjang 80 km di sungai Songhua, anak sungai dari sungai Amur dan menumpahkan kedalam sungai Songhua bahan karsinogen sepanjang 1.897 km. Lapisan ini didominasi oleh benzene dan nitrobenzene, dan melalui kota Industri Harbin terletak 120 mil dari kota Jilin dan berpenduduk 3.8 juta orang, Jiamusi kota terakhir di cina sebelum sungai Songhua memasuki Rusia dan hulu sungai Amur, kota Khabarovsk salah satu kota terbesar di Siberia.


Dead fish can be seen in the Songhua River as the State Environment Protection Administration confirmed Wednesday that pollutants containing benzene and nitrobenzene contaminated the river after a chemical-plant blast at the upper reaches in Northeast China. [newsphoto]

Penyebab Ledakan

Penyebab ledakan ini diketahui dua hari setelah ledakan , lokasi ledakan adalah unit nitrasi untuk peraltan aniline. Menara T-102 mengalami sumbatan dan tidak dapat diatasi dengan baik sehingga terjadilah ledakan. Ledakan ini sangat kuat sehingga memecahkan kaca jendela sekurangnya 100 hingga 200 meter dari pusat ledakan. Sedikitnya 70 orang terluka, 5 meninggal dan seorang hilang. Api baru dapat dipadamkan pada pagi hari tanggal 14 november. Lebih dari 10 000 orang harus dievakuasi dari daerah, termasuk penduduk lokal dan pelajar di kampus utara Universtas Beihua dan Institut Teknologi Kimia Jilin, untuk menghindari ledakan susulan dan kontaminasi dengan bahan kimia yang berbahaya. China National Petroleum Corp (CNPC), yang memiliki perusahaan Jilin Petrochemical Corporation, telah menanyakan petugas senior untuk meninvestigasi penyebab ledakan tersebut. Ledakan ini tidak dihubungkan dengan teroris dan perusahaan menyatakan pada konferensi pers bahwa mereka telah mendapatkan hasilnya adalah akibat dari blokade kimia.

Sepanjang 80 km lapisan racun mengalir menuju sungai Amur dan tingkat benzene yang terekam adalah 108 kali diatas ambang batas aman nasional Cina. Lapisan ini pertama tama di sungai Songhua melalui beberapa daerah dan kota dari propinsi Jilin termasuk Songyuan, kemudian memasuki propinsi Heilongjiang, dengan Harbin ibukota propinsi Heilongjiang dan salah satu dari kota terbesar Cina, menjadi kota pertama yang terkena efek. Setelah melewati setengah dari bagian timur Heilongjiang, termasuk kota Jiamusi, lapisan ini bertemu dengan sungai Amur, perbatasan antara Cina dan Rusia. Pertama melalui Jewish Autonomous Oblast di Rusia kemudian daerah dari Khabarovsk Krai di Timur Jauh Rusia, melewati kota Khabarovsk dan Komsomolsk sebelum memasuki selat Tartary, jembatan antara laut Okhotsk dan laut Jepang bagian dari samudra Pasifik.

Propinsi Jilin

Pada 13 November water plant di kota Jilin, Jilin ditutup. Beberapa stasiun Hydropower /PLTA meningkatkan aliran discharge-nya. Pada 15 November Songyuan, Jilin menghentikan penggunaan air dari sungai Songhua. Tanggal 18 november, suplai air di Songyuan, Jilin sebagian ditutup. Suplai air di Songyuan, Jilin dipulihkan kembali tanggal 23 november.

Propinsi Heilongjiang

Harbin ibukota dari Heilongjiang adalah satu dari kota terbesar dengan lebih dari 3 juta penduduk kota. Yang juga bergantung pada sungai Songhua untuk suplai air.

Pada 21 november, pemerintah kota Harbin mengumumkan bahwa suplai air akan dihentikan pada siang hari pada

22 november untuk perawatan. Beberapa penduduk Harbin protes karena sebagian kota telah dihentikan sebelum waktu yang telah diumumkan. Kota ini juga memerintahkan menutup rumah mandi dan pencucian mobil untuk tutup. Pada saat yang bersamaan terdapat isu yang membingungkan, isu bahwa penutupan saluran air dikarenakan akan terjadi gempa (menyebabkan beberapa orang mendirikan tenda) dan yang lainnya mengatakan bahwa teroris telah meracuni suplai air kota. Berita penutupan ini menyebabkan panic buying dari air, minuman, bahan makanan di supermarket supermarket kota, ketika tiket kereta api dan penerbangan keluar daerah terjual habis. Ketika itu ikan ikan mati muncul sepanjang pinggiran sungai Songhua – diarah hulu Harbin, yang menambah ketakutan bagi penduduk Harbin.

Kemudian pada hari yang sama, pemerintah kota mengeluarkan pengumuman lain, kali ini mengakui bahwa ledakan Jilin sebagai alasan penutupan suplai air. Penutupan selama 4 hari diperpanjang hingga malam hari 23 november. Dari pukul 9 hingga 8 malam pada 23 november, kota untuk sementara memulihkan suplai air untuk membiarkan penduduk untuk mengisi persediaan air, karena air yang tercemar belum mencapai kota. Pada sore hari, hari yang sama, sekolah di Harbin ditutup untuk seminggu. Juga pada 23 november penduduk Harbin mulai untuk menerima air dari truk pemadam kebakaran, dan mulai mengevakuasi diri sendiri secara sukarela.

Lapisan cemaran / Slick mencapai Harbin sebelum subuh pada 24 november, nitrobenzene level di Harbin terekam pada 16.87 kali diatas ambang batas aman nasional, ketika benzene meningkat tetapi tidak melampaui batas aman nasional. Level nitrobenzene meningkat dua kali lipat pada 25 november (0.5805 mg/L), 33.15 kali dari batas aman nasional dan mulai menurun. Rekaman benzene tetap berada di bawah batas aman. Pada saat yang sama, ujung dari lapisan tersebut meninggalkan Zhaoyuan, Daging, Heilongjiang. Perdana menteri Wen Jiabao dari pemerintah mendatangi Harbin pada 26 November untuk meninspeksi situasi terkini, termasuk status polusi air dan suplai air.


People in Harbin, north-eastern China, queue for water after the city’s own supplies were contaminated by a benzene leak.


Some 100 new wells are being dug across the city to provide extra water.

Dalam merespon krisis ini, truk mengangkut 10ribu ton air dari sekitar kota dan ribuan ton karbon aktif dari seluruh daerah ke Harbin. Pemerintah Harbin juga memerintahkan harga air minum untuk tetap pada 20 november untuk mengatasi harga yang berlebihan. Sebagai tambahan Harbin membor lebih dari 95 sumur air dalam, untuk menambah 918 sumur air dalam yang telah ada di kota. Limabelas rumahsakit dalam keadaan stand by dari kemungkinan korban keracunan. Untuk mengatasi ketakutan publik tentang kualitas air, Gubernur Heilongjiang Zhang Zuoji mengatakan bahwa dia akan meminum air pertama dari suplai air kota ketika pertama kali dipulihkan.

Bukan hanya kota Harbin yang terkena efek, pencemaran juga melalui kota Jiamusi, yang lebih banyak menggunakan suplai air dari bawah tanah, sehingga tidak menghentikan suplai air. Walaupun begitu, pada 2 desember, Jiamusi menutup suplai pada No 7 Water Plant, yang menyuplai sekitar 70% suplai air kota, dan mengevakuasi setengah dari populasi di pulau Liushu pada 6 desember. Pencemaran ini 30 km jauhnya dari Jiamusi pada 7 desember.

Suplai air di Harbin kembali normal pada waktu malam 27 november 2005.

Khabarovsk Krai

Lapisan cemaran mencapai sungai Amur pada 16 desember dan akan tiba di kota Khabarovsk Rusia dalam 4 atau 5 hari. Dalam keadaan siap siaga, komunikasi hotline, telah dipasang antara Agen Cina dan Rusiaj, dan Cina menawarkan test air dan bahan pembersih air termasuk 1000 ton aktif karbon untuk Rusia. Khabarovsk merencanakan untuk menghentikan suplai air dalam keadaan yang sungguh berbeda dan mengingatkan penduduk untuk menyimpan persediaan air.

Polusi Perairan Laut

Setelah keluar dari sungai Amur, bahan kontaminan akan memasuki selat Tartary dan laut Okhotsk dan laut Jepang, yang merupakan daerah pesisir untuk Jepang, Korea, dan Rusia Timur Jauh. Hal ini akan mengkontaminasi vegetasi laut, binatang dan kehidupan manusia di badan air ini dan daerah pesisir mereka

Kejatuhan Politik

Xie Zhenhua, menteri State Environmental Protection Administration, mengundurkan diri dan digantikan oleh Zhou Shengxian, bekas direktur State Forestry Administration. Berbagai level dari pegawai dipecat dan dilakukan pemeriksaan.

Kritik dari media

Media China mengkritik kebijakan penguasa atas responnya terhadap musibah bencana ini. Jilin Petrochemical yang menjalankan pabrik, menderita akibat ledakan, awalnya menyangkal bahwa ledakan dapat menyebabkan kebocoran polutan kedalam sungai Songhua, mereka mengatakan bahwa itu memproduksi hanya air dan karbondioksida. Media telah memfokuskan terutama di Harbin, dengan hampir tidak ada informasi mengenai efek slick /lapisan pencemar di Kota dan daerah di propinsi Jilin. Heilongjiang merespon krisis ini seminggu penuh setelah ledakan terjadi. Pengumuman pertama adalah perawatan dan memberikan hanya satu hari peringatan, pengumuman kedua pada hari berikutnya yang mengklarifikasi alasan penghentian suplai air.

Dalam merespon, wakil Gubernur propinsi Jilin Jiao Zhengzhong dan Deputy General Manager CNPC Zeng Yukang mendatangi Harbin dan meminta maaf pada kota tersebut. Pada 6 desember, wakil walikota Jilin Wang Wei ditemukan mati di rumahnya. Berita ini datang dengan bersamaan dengan ancaman dari pemerintah Cina untuk menghukum siapa pun yang menutup-nutupi akibat dari kecelakaan ini.

Wang wei merupakan orang yang bertanggung jawab pasca ledakan. Dia menyatakan tidak akan terjadi pencemaran besar-besaran. Dan tidak akan mengevakuasi secara besar-besaran. Faktanya kota terdekat Harbin telah 5 hari menghentikan suplai air, pada saat lapisan pencemar melewati Harbin.

Pustaka

http://en.wikipedia.org/wiki/Jilin_chemical_plant_explosions_2005
http://www.foxnews.com/story/0,2933,176643,00.html
http://news.bbc.co.uk/2/hi/europe/4469680.stm
http://news.bbc.co.uk/1/hi/world/asia-pacific/4463580.stm
http://news.bbc.co.uk/2/hi/asia-pacific/4505650.stm
http://www.chinadaily.com.cn/english/doc/2005-11/24/content_497399.htm

Foto –Foto





Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s