yume ga areba michi wa aru

sebesar apapun mimpimu pasti ada jalan keluarnya

Industri Kelapa Sawit

1 Komentar

I. Limbah Industri Kelapa Sawit
Proses pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi crude palm oil (CPO) menghasilkan biomassa produk samping yang jumlahnya sangat besar. Tahun 2004 volume produk samping sawit sebesar 12 365 juta ton tandan kosong kelapa sawit (TKKS), 10 215 juta ton cangkang dan serat, dan 32 257 – 37 633 juta ton limbah cair ( Palm Oil Mill Effluent /POME). Jumlah ini akan terus meningkat dengan meningkatnya produksi TBS Indonesia. Produksi TBS Indonesia di tahun 2004 mencapai 53 762 juta ton dan pada tahun 2010 diperkirakan mencapai 64 000 juta ton. (Mahajoeno)

Image hosting by Photobucket

Gambar 1. A Fresh Fruit Bunch (FFB)

Limbah dari industri kelapa sawit meliputi padatan, cair dan gas. Pasir atau tanah dari perkebunan, tandan buah, ampas, kulit kering batok/cangkang serta lumpur dari kolam pengolah limbah cair merupakan bentuk limbah padatan. Sedangkan limbah cair berasal dari pengembunan uap air. Limbah gas dihasilkan dari penguraian bahan organik yang terkandung dalam buangan cair dan gas dari hasil pembakaran bahan bakar pada ketel uap boiler dan incinerator. Sebagian limbah padat dibakar pada incinerator yang menghasilkan panas, dimanfaatkan sebagai energi pembangkit uap, abu yang dihasilkan dijadikan pupuk dan dicampur dengan buangan cair didalam kolam.

selanjutnya
klik disini

One thought on “Industri Kelapa Sawit

  1. POME/limbah cair CPO berguna untuk energi, ini sangat diminati sebagai komoditi eksport. bagaimana pengolahan POME sebagai komoditi eksport. biasanya POme sudah terlebih dahulu diproses secara kimiawi,selanjutnya dikemas dalam drum lalu barulah dikirim ke negara konsumen. Saya ingin menanyakan proses kimia sebelum pengemasan. apakah mesti ada instalasi khusus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s